Kamis, 31 Maret 2011

Hubungan Golongan Darah dan Gen


Darah bersifat kompleks, jaringan hidup yang mengandung banyak jenis sel dan protein. Darah berperan sebagai transporter, regulator, dan sistem pertahanan, dimana aliran darah melalui tubuh melaksanakan berbagai fungsi penting tersebut.
Protein dan Golongan Darah
Sebagai mana kita tahu, gen berfungsi menyandikan protein apa yang harus dibuat. Karena protein sendiri menyusun darah manusia, dan golongan darah ditentukan oleh komposisi protein-protein di dalamnya, maka otomatis ada hubungan kuat antara gen dan golongan darah manusia. 19-21 gram dari 100 ml darah merupakan komponen protein.  Sebagai contoh, warna merah pada sel darah merah misalnya, merupakan akibat dari keberadaan hemoglobin, sebuah protein konjugat yang tersusun dari sebuah globin (sejenis protein) dan hematin (pigmen non protein yang mengandung besi). Selain hemoglobin yang membawa oksigen, juga ada protein lain yang membawa oksigen yaitu hemerythrin (berwarna ungu kemerahan) dan hemocyanin (berwarna biru tembaga). Sel darah putih juga mengandung protein-protein kecil. Keping darah mengandung protein actomyosin yang banyak serta glikoprotein yang berperan dalam pembekuan darah. Dalam plasma apalagi, banyak sekali protein termasuk pembeku darah (fibrin) dan protein penjaga keseimbangan tubuh.
Antigen juga protein. Istilah gen dalam antigen bukan bermakna bahwa dia lawan dari gen (penyandi protein) tapi antigen adalah zat penyusun dasar.
Perbedaan molekul-molekul darah disebut agglutinogen (sejenis antigen) yang
melekat pada permukaan sel darah merah. Ada dua jenis agglutinogen, jenis “A” dan jenis “B”. Setiap jenis memiliki sifat yang berbeda. Sistem klasifikasi darah ABO menggunakan ada atau tidak adanya molekul-molekul ini untuk menggolongkan darah menjadi empat golongan darah :
Gambar : Permukaan Darah
Golongan darah
(Fenotip)
Antigen dalam eritrosit
Agglutinin
dalam plasma darah
O-Anti-A dan Anti-B
AAAnti-B
BBAnti-A
ABA dan B-
Tabel: Hubungan antara golongan darah seseorang dengan macam antigen dan agglutinin yang dimilikinya
Tingkat kekhususan lain untuk golongan darah dengan memeriksa ada atau tidak adanya protein Rh. Setiap golongan darah memiliki satu protein Rh , baik positif “+” (memiliki protein Rh) atau negatif “-” (tidak ada protein Rh). Misalnya, orang yang golongan darah adalah “A positif” (A +) artinya memiliki golongan darah A dan protein Rh pada permukaan sel darah merah mereka.
Golongan Darah merupakan warisan
Bagian terluar sel darah merah (Eritrosit) merupakan bahan sangat kompleks yang tersusun dari protein, polisakarida dan lemak, banyak diantara adalah antigen alias zat kelompok darah. Keberadaan sebagian besar antigen ini ditentukan secara genetik, dan jumlahnya sedemikian hingga hanya ada sedikit, kalaupun ada, manusia di bumi ini yang memiliki kumpulan antigen yang identik pada darah merahnya – kecuali kembar monozigot. Perbedaan di seluruh darah ini dipelajari pada awal pengembangan teknologi transfusi darah. Dasar-dasar teknologi ini dimulai oleh penemuan Karl Landsteiner (Peraih nobel 1930) atas pengamatannya pada empat kelompok darah warisan.
Golongan darah bersifat herediter yang ditentukan oleh tiga gen alel yang memproduksi tiga jenis antigen : A, B dan O. Molekul antigen A dan B pada permukaan sel darah merah yang diproduksi oleh dua enzim yang berbeda. Kedua enzim dikodekan oleh versi yang berbeda, atau alel-alel, dari gen yang sama: A dan B. Enzim untuk kode alel A dan B menghasilkan antigen tipe A dan B masing-masing. Versi ketiga dari gen ini, yaitu alel O, kode untuk protein yang tidak fungsional dan tidak menghasilkan molekul permukaan. Antigen bukan hanya ada pada manusia, tapi ada pada sel darah merah primata lainnya dan juga ada pada perut babi dan kuda. Dua salinan gen diwariskan, satu dari setiap orangtua. Kemungkinan kombinasi alel menghasilkan golongan darah dengan cara berikut:
Gambar : Pewarisan golongan darah dari orangtua
Sebagai contoh, seorang wanita bergolongan darah A (IAIO) menikah dengan seorang pria bergolongan darah O (IOIO) maka kemungkinan darah anak-anak mereka adalah sebagai berikut.
AyahIbuAnak
O
(IO)
(IO)
xA
(IA)
(IO)
A (IAIO)
O (IOIO)
Kemungkinan golongan darah anak-anak mereka adalah A kira-kira 50% dengan alel ganda (IAIO) dan O kira-kira 50% dengan alel ganda (IOIO).
Gambar : Golongan darah dan Plasma darah
Plasma darah dikemas dengan protein yang disebut antibodi. Tubuh memproduksi berbagai antibodi yang akan mengenali dan menyerang molekul asing yang dapat masuk dari dunia luar. Plasma darah seseorang tidak mengandung antibodi yang akan mengikat molekul yang merupakan bagian dari tubuh sendiri.
Ketika melakukan transfusi darah, penting untuk berhati-hati sesuai dengan donor dan penerima golongan darah. Jika sel darah donor memiliki molekul permukaan yang berbeda dari penerima, antibodi dalam darah penerima akan mendeteksi darah donor sebagai molekul asing. Hal ini memicu respon kekebalan tubuh yang mengakibatkan pembekuan darah. Jika sel darah donor memiliki molekul permukaan yang sama dengan penerima, tubuh penerima tidak akan mendeteksi darah donor sebagai molekul asing dan tidak akan meningkat respon kekebalan tubuh.
DAPAT DITERIMA
O -**
O +
B -
B +
A -
A +
AB -
AB
JE
N
I
S
D
A
R
A
H
AB........
AB -....
A +
....
-
..
B +
....
B -
..
O +
..
O -
.
Tabel : Donor dan resepien dalam transfusi darah
Ada dua golongan darah khusus dalam transfusi darah. Orang dengan golongan darah O adalah donor universal karena tidak ada molekul pada permukaan sel darah merah yang dapat memicu reaksi kekebalan. Orang dengan golongan darah AB adalah penerima universal karena mereka tidak memiliki antibodi yang akan mengenali tipe A atau B molekul permukaan.
Catatan: sel darah ditutupi dengan berbagai molekul permukaan. Untuk kesederhanaan, hanya tipe A dan B molekul permukaan yang ditampilkan di sini.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar